Tutorial Mengatasi Android Yang Terkena Air, Agar Tidak Korslet


Tutorial mengatasi android yang terkena air – Siapa yang tidak menggunakan android di era modern seperti saat ini? salah satu sistem operasi dari smartphone yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan tidak hanya di Indonesia dan Amerika saja, melainkan seluruh dunia. Seperti yang diungkapkan oleh International Data Corporation (IDC), menunjukan jika Android menguasai pangsa pasar sebesar 82,8% yang kemudian disusul oleh apple sebesar 13,9%. Sebuah angka yang menunjukan perbandingan cukup jauh bukan?.

Seiring dengan berkembangnya jaman dan pesatnya kemajuan pada segi teknologi, membuat beberapa perusahaan seperti Xiaomi, Sony, Samsung dan beberapa platform lainnya semakin meningkatkan fungsi dari android, tidak hanya dari segi fitur saja melainkan dari ketahanan smartphone tersebut, entah itu perkembangan dari baterai, ketahanan layar anti gores, anti debu, dan yang paling utama dan paling dicari yaitu fitur anti air. Namun sayangnya, untuk beberapa pabrikan belum bisa meluncurkan fitur tersebut secara merata. Lalu bagaimana jika smartphone yang anda miliki terkena air dan tidak memiliki fitur tersebut? tentunya anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk memperkecil kemungkinan rusaknya smartphone tersebut. Seperti apa caranya? Berikut dibawah ini sudah kami buatkan tutorial mengatasi android yang terkena air, silahkan anda simak sampai habis.

Baca Juga : Cara Hemat Baterai HP Android

Tutorial Mengatasi Android Yang Terkena Air

1. Matikan Smartphone
Pertama-tama anda bisa mematikan smartphone yang terkena air maupun jatuh dikamar mandi, sebelum anda melepas baterai, sim card serta perangkat lainnya yang terpasang pada smartphone anda pastikan smartphone sudah benar-benar dalam keadaan mati total. Upaya mematikan smartphone ini bertujuan agar kerusakan yang akan terjadi tidak ikut meluas.

2. Lepas dan Bongkar
Setelah smartphone sudah dimatikan, seperti yang kami jelaskan diawal anda bisa mengeluarkan beberapa perangkat, kemudian goyangkan handphone secara perlahan-lahan. Namun perlu anda ingat anda tidak boleh melepas skrup komponen bagian dalam, dikhawatirkan Liquid Damage Indicator bisa terbuka dan bisa menghilangkan garansi dari smartphone.

3. Gunakan Vacum Cleaner
Vacum cleaner bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda mengeringkan smartphone. Alat ini akan sangat membantu dalam mengeringkan komponen-komponen yang sudah terkena air, vacum cleaner lebih kami rekomendasikan jika dibanding dengan hairdryer atau ditiup, sebab dengan begitu hanya akan merusak beberapa komponen dari smartphone anda sendiri.

4. Gunakan Beras
Solusi selanjutnya yakni dengan metode beras. Anda bisa memakai sebuah ziplock yang kemudian diisi dengan beras, setelah itu masukan smartphone dan pastikan beras menutupi seluruh komponen, dan biarkan hingga kurang lebih dua hari. Adapun tujuan yang dilakukan tersebut guna meminimalisir terjadinya kelembaban.

Baca Juga : Aplikasi Terampuh Pendeteksi Virus Android

5. Cek Smartphone Tersebut
Setelah kurang lebih dua hari, anda bisa keluarkan smartphone dari ziplock dan bersihkan. Amati terlebih dahulu, apabila terlihat masih ada uap silahkan masukan lagi kedalam ziplock. Tetapi jika sudah benar-benar kering anda bisa menghidupkannya atau cas terlebih dahulu.
Apabila smartphone masih belum bisa menyala, kemungkinan besar kerusakan ada pada batrai. Anda bisa meminjam baterai dengan tipe yang sama, atau pergi memeriksanya ke jasa service.

Sekian langkah atau tutorial untuk mengatasi smartphone android yang terkena air. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

0 Response to "Tutorial Mengatasi Android Yang Terkena Air, Agar Tidak Korslet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel